Sunday, October 26, 2008

Coconut Rich Cake

Salah satu pilihan yang oke bagi saya untuk mengisi waktu saat weekend apalagi kalau bukan bikin kue. Dan sebenarnya saya juga sudah sering nyoba bikin kue tapi ini lah yang pertama diposting.

Jika melihat dari komposisi bahan-nya, cake ini sebenarnya bukan termasuk favorit saya, tapi kenapa memilih cake ini? Yap! Karena resep dan cara bikinnya cukup simple :-D. Sepertinya kesederhanaan resep & proses seringkali jadi syarat utama jika ingin mencoba, maklum masih amatiran :-D.

Coconut Rich Cake
Sumber : Sponge Cake & variasinya – Sedap

Bahan :
75 gram margarine
100 gram dark cooking coklat (saya pakai cooking coklat)
4 butir telur
100 gram gula pasir
125 gram tepung terigu protein sedang
¼ sdt baking powder
50 gram kelapa kering (saya pakai kara coconut cream powder)
50 gram kacang mede, cincang
20 gram wijen sangrai

Cara membuat :
1. Panaskan margarine. Matikan api. Masukkan dark cooking coklat yg telah dipotong2. Aduk sampai larut. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai mengembang.
3. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
4. Tambahkan kelapa kering, kacang mede dan wijen sangrai. Aduk rata.
5. Masukkan campuran coklat. Aduk perlahan.
6. Tuang ke Loyang brownies 24x12x4 cm yang dioles margarine dan dialas kertas roti (saya pakai cetakan muffin kecil yang dialas cup kertas dan saya tambahkan almond sebagai topping-nya).
7. Oven 40 menit dengan suhu 190 derajat Celcius.

:: Jika menggunakan loyang muffin, satu takaran resep bisa menjadi 12-13 cup.
:: Warna kue cenderung coklat muda karena saya hanya memakai cooking coklat.

Setelah mencoba rasanya ternyata cake ini tidak terlalu manis dan tidak monoton karena ada campuran kacang mede & wijen nya. Bagi penyuka kacang dan coklat kue ini cocok dijadikan teman saat sarapan atau santai sambil nge-teh.

1 comment:

Anonymous said...

wahh mbak pruvita rendah hati banget... ngakunya amatiran, padahal kue2nya terlihat profesional... :)
kayaknya enak nih... hmmm yummy...