Monday, October 27, 2008

Cake Tape Keju [v2]

Ini dia resep cake tape keju versi kedua yang pernah saya coba. Tekstur kue-nya benar2 lembut, apalagi jika menyantapnya sesaat setelah keluar dari oven hmmm…perfecto !! :D

Sebenarnya resep asli yang saya dapat temanya cake tape kismis, tapi saya ubah sedikit komposisi kismisnya dan ditambahkan keju parut.

Kali ini saya ingin memberi tampilan cake dalam dua tipe, sebagian tanpa topping dan sisanya dengan taburan keju. Ternyata dua-duanya oke punya, tapi saya lebih terkesan dengan yang plain, mungkin karena kebanyakan cake yang pernah saya buat ada taburan kejunya, jadi sudah agak bosan.

Cake Tape Keju v2
Sumber : resepmami.com ; modified

Bahan :
250 gram margarin
150 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
300 gram tape singkong, buang seratnya
100 ml santan
6 butir telur
180 gram tepung terigu protei sedang
50 gram kismis
150 gram keju parut

Cara membuat :
1. Campur tape singkong dan santan, haluskan dengan sendok makan.
2. Campur margarin, gula dan garam, kocok hingga lembut, lalu tambahkan adonan tape tadi, kocok kembali hingga lembut.
3. Masukkan 2 sendok makan tepung terigu, kocok hingga rata, lalu tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok hingga rata dan mengembang.
4. Masukkan sisa tepung terigu sambil diayak sedikit demi sedikit, aduk rata, lalu tambahkan kismis dan 100gram, keju parut, aduk rata.
5. Siapkan loyang bulat yang berlubang tengahnya, olesi dengan sedikit mentega, lalu tuang adonan ke dalamnya, panggang dalam oven hingga matang dan berwarna kecoklatan, angkat, sajikan (saya pakai loyang muffin).

Kebetulan saat kue sudah matang, diluar mulai hujan, wahh…pas sekali nih menikmati kue yang masih hangat ditemani secangkir teh dengan gula batu. Yak ! Gula batu...bukan gula pasir. :-)



2 comments:

Shirley said...

Kejunya menawan Mbak ... hmmm, jadi laper nih.

pruvita said...

halo mba shirley..salam kenal ya..aku udah bales comment nya ya langsung ke blog mba shirley.. ;-)