Monday, October 27, 2008

Cake Tape Keju

Entah kenapa ya saya suka mencoba resep berbahan dasar tape, walaupun sampai saat ini saya baru mencoba jenis tape singkong dan tape ketan hijau. Mungkin lagi-lagi soal ke-simple-an, tape mudah didapatkan di sekitar kita bukan? :-D

Ini varian resep ketiga yang sudah pernah saya coba, karena cukup banyak resep2 beredar dengan tema yang sama yaitu tape-keju.

Cake Tape Keju
Sumber : Sponge Cake & variasinya – Sedap ; modified

Bahan :
100 gram tape singkong haluskan dengan sendok makan
75 gram margarine, lelehkan
6 butir telur
100 gram gula pasir
150 gram tepung terigu protein sedang
½ sdt baking powder
50 gram keju parut untuk campuran
50 gram kismis, masing2 potong dua bagian
100 gram keju parut untuk taburan

Cara membuat :
1. Aduk tape dan margarine sampai larut. Sisihkan.
2. Kocok telur dan gula sampai mengembang. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.
3. Tambahkan keju parut dan campuran tape. Aduk perlahan sampai tape menyatu dengan adonan.
4. Tambahkan potongan kismis, aduk sampai rata.
5. Tuang ke loyang muffin kecil yang sudah diberi cup kertas. Taburi dengan keju parut.
6. Oven 25 menit dengan suhu 190 derajat Celcius.

:: Tips : Pilih tape singkong yang lembut dan buang serat-nya.

Hmmm…ternyata resep yang ini masih kalah dengan yang sebelumnya (my point of view loh… :P). Tekstur cake yang ini lebih padat (saya cenderung suka cake yang lembut), tapi komposisi rasanya kurang lebih sama. Mungkin di posting-an selanjutnya saya akan coba share varian kedua cake tape keju yang saya coba sebelumnya.

2 comments:

-FLO- said...

flo dah nyoba kue yang ini loh..., waktu flo mau pulang ratri nawarin flo kue yang tinggal satu-satunya ada di kotak makanannya ratri.

Langsung flo tebak, pasti ratri bikin sendiri yak?? secara hobby masaknya dah dari dulu tercipta :D.

Yummy..., enak rasanya. Tape plus kejunya kerasa banget di lidah. Tapi masih kurang lembut dan terlalu kering mungkin karna udah dingin kena ac kali yak(IMHO loh :P).

Tetap semangat buat kue ya Ratri.., flo jadi tester nya :D hehehehe...

pruvita said...

iya flo..kue yg ini emang rada padet,kering gitu, ga tau kenapa. kali karena basic adonannya sponge cake, tapi ga tau ding, itu cuma analisa gw yg rada sok teu hihihi...