Monday, November 10, 2008

Japanese Style Cheesecake

Kalau cake yang satu ini hasil kursus kedua yang temanya cheesecake. Ada 3 jenis cheesecake yang didemokan di kursus tapi saya baru mencoba satu resep saja.
Sebenarnya saya juga belum terlalu yakin sih cheesecake saya ini bisa dikatakan berhasil atau belum, tapi kalau diinget2 pas ngerasain cheesecake hasil kursus rasanya juga kurang lebih seperti buatan saya ini. Yahh..mudah2an aja emang berhasil ;-)
Ada hal baru yang saya pelajari saat membuat cake ini yaitu teknik pemanggangan au bain marie atau dipanggang di atas air. Jadi saat dioven loyangnya tdk langsung bersentuhan dengan rak oven, tapi diberi tatakan suatu wadah yg diisi air. Hmmm...mungkin dari cara pemanggangan ini-lah yg nantinya akan menghasilkan tekstur cake yang lembut sekali, seperti kapas, mungkin lo yaa...

Japanese Style Cheesecake
Sumber Kursus NCC
Campur & ayak :
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
Bahan :
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
5 kuning telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut (dari 2 buah jeruk lemon)
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon
Topping :
2 sdm selai apricot
2 sdm air

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm, alasi kertas roti, olesi mentega (saya pakai 2 buah loyang oval). Pasang oven 150 derajat Celsius.
2. Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata. Sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut2 tumpul (soft peak).
5. Tuang adonan putih telur ke adonan cream cheese sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan putih telur habis. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
6. Setelah benar2 dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

Hufff...panjang juga step2 nya, termasuk manggang nya juga lama loo...sepertinya ini menjadi cake yang terlama dioven diantara cake2 yg pernah saya buat. Tapi tenang aja...hasilnya sebanding dengan capek nya kok, cake yg dihasilkan bener2 lembut, seger & ga gampang eneg karena ada sensasi lemonnya, rasanya kurang deh kalau hanya bikin satu resep... :D

4 comments:

Unknown said...

akhirnyaa.. gue gak cuma melihat karya2 si eneng ini dalam bentuk 2 dimensi doang .. pagi ini, gue sudah melihat, menyentuh, dan merasakan karya 3 dimensi-nya.. :)
mimpi apaa gue semalem ya.. hehe
tiba2 pagi ini ditawarin Japanesse style Cheesecake!! gue bela2in nyamperin ke pancoran :D

dan rasanya.. bbbbbbbeeeeehhhhhhh...enyak-enyak-enyaaaak.... cakenya lembut, dan rasanya jadi nggak bosenin karena ada potongan buah strawberry yg dilapisi sebentuk kenyal2 yg berasa lemon di bagian atas cake, perpaduan yg pas untuk membuat lidah jadi segarrr..
hmmmmm, what a lovely cake.. :)

Thanks bgt yah..
Can't wait to taste the upcoming cakes!! :D

Anonymous said...

Gw setuju... lembut, enak, gak eneg... breadtalk dan chesecake factory lewat dah...

Sebentuk kenyal2 di bagian atasnya itu gw kira keju lho... ternyata bukan ya? :)

Mau lagi? Gw masih ada beberapa potong dooong... Ngiler kan lo? heheh...

Imhink_Spyder said...

waduh...nice blog....

Neh makanan smua ya...2D...he he....

infogue said...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!