Monday, November 3, 2008

Bolu Kukus

Ternyata bisa juga bikin bolu kukus ! :D
Walaupun bolu kukusnya tidak terlalu merekah atau ngakak istilah kerennya di NCC, tapi saya cukup senang. Secara saya masih beginner banget dalam dunia bolu-bolu an terus pertama kali mencoba bolu kukus eehh sudah lumayan berhasil, yaa..alhamdulillah.. :)
Banyak juga ternyata resep-resep bolu kukus yang beredar, setelah ditimbang2, pilihan saya jatuh pada resep di blognya mba Vania. Resep yang satu ini komposisinya mantap, walaupun ada resep lain yang menawarkan bolu kukus tanpa soda, tapi tampaknya saya lebih sreg dengan yang satu ini. Kalau mau lihat2 resepnya ada di sini.

Pas bikin, hmmh...bener2 penuh untaian doa, selain takut gagal ga merekah saya juga baru kali kedua ini buat kue dengan cara dikukus. Sebelum2nya kebanyakan dioven. Di resep juga diwanti2 ini itu, salah satunya waktu mengocok telur dan gula yang harus kental, kalo adonan diangkat pakai spatula meninggalkan jejak seperti pita. Nahh..di bagian yang ini banyak ragunya, udah kental belum ya, setelah diangkat dengan spatula ternyata benar meninggalkan jejak seperti pita, tapi dilihat2 lagi kok gula nya belum hancur ya... Duhh bingung nih...akhirnya mikser dijalankan lagi. Sebentar dilihat lagi, gula belum hancur juga. Wahh..mulai deg2an nih...tapi yakin aja lah, bismillah, anggap aja udah kental :P.
Dan...satu lagi nih, panci kukusan saya ternyata cuma muat 7 cup sekali kukus, padahal kalo di resep asli jadinya 18 cup, dan disarankan adonan dikukus langsung, karena kalau harus menunggu, udara dalam adonan akan hilang dan dikhawatirkan tidak bisa merekah.

Hmmmhh..mau ga mau kan harus dibikin shift2an nih dan sisa adonan diselamatkan dulu utk meminimalisir udara yang hilang. Akhirnya sisa adonannya saya simpan di plastik segitiga trs diiket, berharap udara yg hilang ga terlalu banyak. Alhamdulillah..ternyata hasil adonan yg kedua ga kalah oke dengan yg pertama loo..Ini dia fotonya...(lebih merah karena pewarna nya dibanyakin)

Dan akhirnya keluar dari panci ga bisa bertahan lama karena udah ngiler banget sama aroma nya. Hmmm..yummy!!

3 comments:

Steve said...

yummy... jangan lupa bawa ke kantor ya.. heheheh..

d3w1 said...

stuju sama steve. kapan nih kita nyobain bolu kukus buatan mbak ratri :D

pruvita said...

aduuhh..ternyata udah pada ga sabar ya mau nyobain, ck ck ck...tenang..gw jg uda ga sabar mau bikin lagi nih ! :D