Sunday, November 9, 2008

Roti Kasur

Bisa membuat roti adalah impian saya dari dulu. Kenapa ya? Entahlah..asik aja kayanya kalau bisa makan roti buatan sendiri ;-)
Setelah trial pertama ga berhasil, gara2 ngulenin adonannya ga sampai kalis, tangannya udah ga kuat kaya mau patah hehehe..alhasil rotinya keras bangeeett ! Yah sudahlah...wajar namanya juga pengalaman pertama masih harus banyak belajar kan.. ;-P
Nahh..kalau resep yg di bawah saya peroleh dari NCC dengan sedikit dimodifikasi, sedangkan resep pertama yg saya coba beda lagi. Resep kali ini pun bukan pertama kalinya saya coba, sudah pernah sebelumnya tapi belum sesuai harapan jadi saat ketiga kali-nya mencoba agak diubah2 dikit, siapa tau hasilnya oke. Ehh ternyata ga jauh beda juga hehehe..

Roti Kasur
Sumber NCC
Bahan :
500 gr tepung terigu protein tinggi
2 btr telur
100 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
5 gr garam
250 ml air (bisa kurang)
100gr mentega/margarin
½ sdt bread improver
Bahan isi:
Selai blueberry
Dark cooking coklat yang dicincang
Bahan polesan:
1btr telur utuh dikocok dengan garpu

Cara membuat:
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instant & bread improver, aduk rata.
2. Tuangi air dan kuning telur, uleni hingga setengah kalis, tambahkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis dan licin benar.
3. Timbang adonan masing-masing 40 gr, bulatkan. Biarkan mengembang selama lk. 15 menit.
4. Kempiskan, lalu isi dengan 1 sdm bahan isi, bulatkan kembali dan taruh dalam loyang bulat/kotak, biarkan mengembang 30 menit atau lebih, sampai terasa ringan.
5. Olesi permukaannya dengan bahan polesan,
taburi keju parut, oven hingga matang lk. 15 menit dengan suhu 180'C.

Menurut saya bikin roti yang paling asik adalah saat ngasi fillingnya, soalnya suka2 bisa terserah selera kita. Dan kali ini saya memilih isian coklat dan selai blueberry karena kebetulan baru saja beli selai blueberry di Titan, jadi pas banget nih buat dicoba. Begitu keluar dari oven, masih agak panas2, trs ditowel satu bagian ternyata meleleh selai blueberry nya! Wuihhh...aromanya nya bo'...so tempting! Dijamin ngiler dehh... :D


Roti hasil percobaan ketiga ini alhamdulillah cukup memuaskan, lumayan mengobati rasa penasaran saya tentang roti walaupun hasilnya belum seperti roti yg saya angan2kan sih, yang bener2 soft, empuk...hmmm yummyyy ! Tapi ga papa, sementara ini boleh lah...

3 comments:

lion said...

bagus banget, tapi aku coba 2x koq gagal, g' bisa seperti foto mb' pruvita?

pruvita said...

halo mba...salam kenal ya, aku coba link ke blog-nya tapi kok ga nemu ya?
btw gagal nya kenapa nih mba? bentuk & rasanya sama sekali ga oke atau hanya bentuk aja yg kurang menarik?
aku dulu nyobain roti ini juga sampai 3x baru boleh dibilang berhasil, di blog ini adalah hasil yg ketiga, jadi kalau baru 2x nyoba dan masih kurang berhasil mungkin memang perlu percobaan ketiga kaya'aku hehehe...

Klarissa said...

Hai Mba, salam kenal ya..
Kata Mama aku ya, kalau bikin roti itu pas ngunlenin adonannya, jangan kegemesan, itu yang bikin roti jadi keras.
Maksudnya jangan kegemesan itu tuh jangan terlalu pake tenaga banget. Santai aja.
Begitu Mba.. Aku pertama kali belajar bikin roti juga gitu, "kegemesan" jadinya keras. Mama aku dulu suka bikinin roti soalnya pas aku masih kecil, sekarang giliran aku yang lagi belajar. Makanya aku nurut banget sama saran2nya.
Semoga percobaan ke-4 kalinya bikin roti bisa lebih sukses lagi ya Mba!