Monday, November 17, 2008

Bolu Kukus Coklat

Masih belum puas nyoba bolu kukus, ehh..nemu resep bolu kukus coklat di tabloid Saji, boleh banget nih dicoba! Komposisi di resep ini tidak jauh berbeda dengan resep bolu kukus sebelumnya, hanya saja sekarang kuantitas bahan2 nya sedikit ditambah dan memakai emulsifier & baking soda.

Bolu Kukus Coklat
Sumber Tabloid Saji Edisi 137
Bahan :
2 butir telur
200 gram gula pasir (saya hanya pakai 150 gram karena sodanya sudah manis)
2 sdt emulsifier (saya pakai TBM)
275 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sdt baking powder
200 ml soda tawar (saya pakai soda manis)
1/2 sdt moka pasta
1 sdt cokelat pasta

Cara membuat :
1. Siapkan dahulu 20 buah cetakan bolu kukus yg sudah diberi cup kertas.
2. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang
3. Masukkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata bergatian dengan soda tawar
4. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan moka pasta. Aduk rata.
5. Tambahkan coklat pasta pada sisa adonan. Aduk rata.
6. Tuang adonan coklat di cetakan bolu kukus yang dialasi cup kertas. Tuang sedikit adonan moka di atas adonan coklat.
7. Kukus 10 menit dengan api besar.

Masih sama seperti membuat bolu kukus yang pertama, kali ini pun deg2an minta ampun. Alhamdulillah...ternyata hasilnya merekah, lebih oke dari yang lalu. Yippyyy!! :D

Pengukusan yang kedua pun tidak ada masalah, karena sisa adonan benar2 disimpan rapat. Jadi jatuh cinta sama bolu yg satu ini... ;-)

7 comments:

duniafannie said...

saia baru mau nyoba bikin.
thx 4 sharing.. :)

Anonymous said...

bolah tau soda manis yg digunakan..?

pruvita said...

halo...pake soda manis nya dr sprite aja...

Anonymous said...

Memg kalo mau buka tutup panci deg2 an. Kyj+mau ujian aja. Pdh kalo bkin kue lainnya cuek tuh sy. Hehe kdg sy kuatir ga jd e..tyt merekah. Lain hr bkin lg dg pede kubuka pnci kok yg merekah kempes lg waa.. Pdh smua nya sm loh. Knapa nie ya?

pruvita said...

hi..
waduuhh..kenapa ya?ikut bingung jg nih,soalnya blm pernah nemuin yg begitu. IMHO, mungkin adonannya belum bener2 kental saat dimixer atau dibuka kukusan pas bolu kukusnya lg mekar2 nya jadi belum set mekarnya udah kena uda udara luar trs kempes kali ya...

fe said...

sy baru coba bikin pake resep ini tp kok mekarnya agak kurang ya bahkan ada yg ga mekar :( salah di apanya ya mba??

pruvita said...

Awal sekali bikin bolu kukus juga begitu mba, ada yg pecah doang, bahkan ada juga yg mulus ga mau mekar sama sekali. Jangan menyerah ya, dicoba lagi aja hehehe... Selanjutnya mungkin ini bisa dipastikan lagi :
- hasil kocokan telur dan gulanya bener2 kental (pengalaman pertama gagal karena faktor ini)
- kukusan harus sudah panas ketika adonan mau dikukus
- buka kukusan disaat yg tepat (lebih baik lama sedikit drpd bolunya blm ngembang
- gunakan bahan2 yang masih fresh

Semoga sedikit membantu ya mba...ditunggu cerita bolu kukus nya yang mekar yaa!