Sunday, November 30, 2008

Chiffon Ketan Hitam

Udah lama banget pingin bisa bikin cake yang ditarok di loyang2 gede, salah satunya loyang chiffon. Trs udah gitu udah lama juga pingin bikin cake yg berbahan ketan item, wahhh pas banget kalo digabungin kepinginannya jadi chiffon ketan hitam! Huahahaha...aneh banget sih nyambung2in nya. Tapi beneran dehh..saya dr dulu kepingin banget makan cake berbahan ketan item seperti salah satu produknya Kartika Sari, udah agak2 lupa sih rasa tepatnya kaya apa yang jelas cake nya soft banget trs warnanya item dan di bungkus nya ada tulisan bla bla...ketan hitam. Nahh...kalau mengamati debutnya si ketan item ini, kolaborasi yg sering muncul adalah cake ketan hitam (kukus/panggang) dan chiffon ketan hitam. Kalau ngeliat penampilan sih yg lebih mirip kayaknya chiffon, selain itu nemu resepnya jg duluan yg chiffon hehehe...
Resep chiffon yang beredar juga cuma satu versi kayanya dehh..versinya alm Ibu Ruri. Di situ udah lengkap banget tips & triknya utk handle chiffon satu ini.

Chiffon Ketan Hitam
Bahan 1 :
5 butir putih telur (200 ml)
150 gr gula pasir (bisa dikurangi)
1/2 sdt garam

Bahan 2 :
5 butir kuning telur
100 ml santan kental (susu)
75 ml minyak sayur
150 gr tepung ketan item (diayak)

Cara membuat:
Masukin tepung ketan item kedalam wadah, buat lubang ditengahnya.
Tuang kuning telur, minyak sayur dan santan.
Aduk searah pake whisk sampe jadi adonan yang kental, pastiin si tepungnya larut semua ya, jangan sampe ada yang mringkil mringkil.
Campur putih telur, gula pasir dan garam.
Kocok campuran putih telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai kental/kaku.
Campurin adonan putih telur ke dalam adonan tepung, aduk pake spatula sampe tercampur rata, jangan sampe masih ada adonan putih telur yang misah ya.
Tuang ke loyang chiffon yang tidak dioles sama sekali, bagian dasarnya boleh dialasi kertas roti.
Panggang dalam oven suhu 180° C selama ± 50 menit
Setelah matang, keluarkan dari oven, langsung tunggingin si loyang sampai dingin, baru keluarin chiffonnya.

Pesennya Ibu Ruri :

Cara nge-cek cake sudah mateng atau belum dengan cara dipegang permukaan cake, kalo permukaan cake masih berasa bunyi kreess…. kayak yang ada busanya tuh, nah itu belon cukup mateng, panggang lagi sampai kalo permukaannya diteken dia akan naek lagi. Waktu ngecek cakenya jangan diangkat dari rak oven ya, jadi masih diatas raknya.
Begitu keluar dari oven, langsung ditunggingin ya, jangan ditunggu dulu, dijamin bakal mimpes dengan suksesnya *Kalau saya cukup dibalikin begitu saja tanpa disangga suatu alat karena loyang chiffonnya sudah dilengkapi dengan 3 kaki penopang jika posisinya terbalik.
Waktu ngeluarin cake, selipin pisau panjang yangtipis yang tajem di antara cake n loyang, jalanin muterin loyangnya, jangan naek turun ya, ntar pinggiran si chiffon jadi rompal rompal
Kalo cakenya masih lengket ke dasarnya, pake cara yang sama.

loyang saat posisinya dibalik & hasil chiffon nya

1 comment:

jena said...

ooh... jadi gunanya kaki tiga di loyang itu sebagai penahan ya?
Waa saya baru tau... selama ini saya selalu pake botol minuman buat penahannya... hihihi jadi malu...