Tuesday, December 9, 2008

Brownies Panggang

Kayanya hampir semua orang tahu cake ini ya, tahu dan pasti pernah ngerasain. Dibanding cake2 yang lain, brownies memang lebih punya kesan yang manis di hati saya. Biasa alasan klasik hehehe..karena simpel, gampang & cepet (cieee gampang!serasa udah mahir aja nih)
Inti dr brownies adalah bagaimana membuat cake ini biar jadi bantet (padat). Nahh pasti gampang dong secara kalau saya nih udah sering banget bikin bolu trs hasilnya bantet hihihi...
Tapi beneran deh, kalau udah pernah buat cake jenis ini memang relatif lebih mudah drpd cake2 yang lain. Ga cuma cara bikinnya yg mudah, hasilnya juga oke lo.. Dan bagi saya, brownies juga seringkali menjadi pilihan persediaan cemilan karena lebih bisa tahan lama.

Brownies Panggang
Original by Pak Budi & modified
Bahan:
120 g tepung terigu
200 g margarin
3 butir telur, kocok hingga mengembang
200 g dark cooking chocolate, potong-potong
150 g gula pasir
60 g potongan kacang almond/kenari
¼ sdt garam halus

Caranya :
1. Panaskan margarine hingga meleleh. Matikan api. Masukkan potongan cokelat dan garam, aduk hingga cokelat meleleh. Angkat.
2. Kocok telur bersama gula hingga gula larut saja,jangan terlalu lama.
3. Tuang tepung terigu sedikit demi sedikit dalam kocokan telur. Masukkan lelehan margarin dan coklat.
4. Tambahkan potongan kacang almond/kenari. Aduk rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialas dengan kertas roti dan diolesi margarin, ratakan. Taburi atasnya dengan irisan kacang almond dan choco chips. *Saya pakai 2 loyang brownies ukuran 26 cm*
6. Panggang di dalam oven bertemperatur 170 derajat celcius selama 45 menit atau hingga kue matang. Cek kematangan brownies dengan cara ditusuk lidi, jika adonan tidak ada yg menempel di lidi berarti brownies sudah matang. Angkat. Potong-potong, sajikan.

No comments: