Tuesday, December 9, 2008

Chiffon Coklat

Sepertinya chiffon masih tetap menantang utk dicoba walaupun sebelumnya sudah pernah berhasil dengan chiffon ketan hitam. Termasuk resep yang ga ribet juga bagi saya karena yang perlu dimikser hanya putih telur, bahan yang lain cukup diaduk memakai whisk saja.
Ketika searching2, pilah-pilih resep chiffon2an, ehhh nemu foto chiffon coklat yang bagus banget di blognya mba Riana dan sekilas cara bikinnya ternyata juga ga jauh beda dengan chiffon ketan hitam . Wahh harus dicoba nihh!

Chocolate Chiffon Cake
Original Recipe by Primarasa, Modified by Riana
Bahan:
50 g coklat bubuk
175 ml air panas
sejimpit garam
175 g terigu, ayak
350 gula kastor
1/2 sdt soda kue
1 sdt baking powder
85 ml minyak goreng
400 g putih telur [dari lk 10 butir telur @ 70 g (berat dengan kulit)]
10 kuning telur
1 sdt vanili bubuk/extract (optional)

Proses :
1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Siapkan loyang chiffon diameter 25 cm, perciki bagian dalamnya dg air masak. Larutkan coklat bubuk dan garam dengan air panas, aduk dg pengocok kawat hingga licin & halus, sisihkan.
2. Campur terigu, 2 sdm gula kastor, soda kue, baking powder, aduk rata. Buat lubang di tengahnya, tuang minyak goreng, kuning telur, larutan coklat, dan vanili. Aduk dengan pengocok kawat hingga licin, sisihkan.
3. Kocok putih telur dengan mikser kecepatan sedang hingga berbusa, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit, kocok sampai putih telur membentuk ujung tumpul waktu mikser diangkat.
4. Masukkan putih telur dalam 3-4 tahapan ke dalam adonan tepung-telur, aduk lipat (folding) dengan spatula hingga rata.
5. Tuang adonan ke dalam loyang, banting sedikit 2-3 kali, panggang dalam oven hingga masak (lk 75 menit) atau adonan tidak menempel ketika ditusuk dengan lidi. Angkat kue dari oven, balikkan loyang hingga kue dingin (lk 1 1/2 jam). *Kalau memakai loyang chiffon yg bongkar pasang, alasi loyangnya dengan loyang kue kering agar adonannya ga mleber kemana2*
6. Keluarkan kue dari loyang dengan bantuan spatula/pisau panjang. Balikkan kue ke rak kawat, balik sekali lagi ke piring saji sehingga kue dalam posisi berdiri. Hias sesuka hati.

Kali ini saya membuatnya dalam setengah resep saja, rada ngeri sih sama jumlah telurnya hehehe...Untung saja bikinnya cuma setengah resep karena ternyata adonannya memang pas banget dengan loyang chiffon yang ada (kayanya ukuran 22 cm).
Menurut blog mba Riana, sangat disarankan memilih coklat bubuk yang berkualitas utk menghasilkan rasa coklat yang enak. Tapi karena koleksi coklat bubuk saya cuma sekitaran Van Houten yaa..mau ga mau dong pake yang ini. Kalau hasilnya jangan ditanya rasanya tetep oke, nyoklat dan soooft banget deh...Nambah lagi nihh cake favorit saya selain JCC!

1 comment:

TupperwareKita said...
This comment has been removed by a blog administrator.