Thursday, March 26, 2009

Similarity

Project yang sudah lama ada di kepala namun baru bisa terimplementasi sekarang :P, alasan klasik : ga ada waktu hehehe...Ini dia Kembang Tahu, mungkin banyak yg mengenal jajanan ini, terutama di masa kecilnya, tapi sayangnya saya kok ga ya...padahal setelah saya nyoba utk pertama kali ternyata enak loh! Terutama kuahnya, ada ginger sensation nya, seger2 gimanaa gitu :D Kalau yg semasa kecilnya belum pernah nemuin jajanan ini uhhhh pasti nyesel banget deehh, kayak saya ini nih (lebay mode on!)

Kembang Tahu
Source dunia-ibu (1/2 resep)
Bahan :
250 ml susu kedelai
300 ml air
sedikit garam
1/2 bungkus agar-agar bubuk tanpa warna

Saus :
125 gr gula merah sisir
75 ml air, bisa ditambah
50 gr jahe, lbh banyak lbh seger, memarkan

Caranya :
Campur rata susu kedelai, air, garam dan agar-agar bubuk.
Masak di atas api sedang sambil diaduk2 hingga mendidih dan agar-agar matang. Angkat dan tuang dalam loyang yg sudah dibasahi air matang. Diamkan hingga beku.
Saus : didihkan air, gula merah dan jahe hingga gula larut. Angkat.
Penyajian : sendoki/potong2 kembang tahu dan taruh dalam mangkok. Siram dengan saus.

Seandainya diungkapkan dalam kata-kata saya cuma punya 2 kata utk si Flower Tofu ini, lembut dan segar ! Lagi2 ini bukan kampanye ya..ga hiperbola juga, ini sekedar kenyataan yg saya temui lho :P. Soal bahan & cara bikinnya mahh jangan ditanya deh, super gampang dan pasti berhasil asal ikutin resep hehehe...dan bisa dipastikan bahan2nya ada semua di supermarket atau pasar tradisional, jadi ga perlu ke TBK.






















Oke...Sekarang kita bicara soal Bubur Sumsum yg pastinya kita sudah sangat familiar dgn bentuk & rasanya. Apa nih hubungan Kembang Tahu dan Bubur Sumsum? Hohoho...di sini lah intinya, nahhh...kalau di dunia komputer ada istilah copy-paste, mungkin Bubur Sumsum ini ide awalnya men-copy-paste si Kembang Tahu. Atau malah Kembang Tahu yg jadi produk tiruannya, entahlah...saya juga tidak tahu persis, istilah di atas hanya paradoks saya saja hehehe...

Bubur Sumsum
Source NCC (modified)
Bahan :
2 sdt penuh tepung beras putih
200 ml air
200 ml santan
1/2 sdt garam

Kinca :
125 gr gula jawa
100 ml air
3 lbr daun pandan

Caranya :
Campur air dan santan, aduk rata.
Cairkan tepung beras dengan sebagian santan, sisihkan.
Masak sisa santan dan garam hingga mendidih.
Tuang cairan tepung beras, aduk rata biarkan mendidih dan bubur meletup-letup sebentar.
Matikan api, angkat.
Kinca : masak air, gula jawa dan daun pandan hingga larut dan mendidih.
Sajikan bubur sumsum bersama kinca.


Alasan kenapa saya korelasikan dengan copy-paste? Ya karena penampilan kedua jajanan ini similar alias mirip, terutama dr segi kolaborasinya dgn saus gula merah (kinca) dan teksturnya yg sama2 lembut meluncur di lidah. Walaupun jika ditelusuri lbh jauh ternyata perbedaannya pun banyak, dr segi bahan2, proses pembuatan dan rasanya masing2 punya style tersendiri.


Kembang Tahu cenderung tawar dengan saus yg lebih segar sedangkan Bubur Sumsum agak gurih dan sausnya dominan manis. Namun dua-duanya tetap menyatu dengan selera saya doongg...secara sama2 gampang, simple dan ringan! Hehehe...alasannya kok itu2 mulu', ga berkembang ya... :D So inilah salah satu the mild food saya bulan ini, silahkan dicoba!

1 comment:

za said...

weeeit, si maul jadi makin ndut g tuh?:D